Senin, 03 Januari 2011

Dalam Mihrab Cinta (The Romance)

Dalam Mihrab Cinta (The Romance)
Judul         : Dalam Mihrab Cinta (The Romance)
Penerbit    : Ihwah Publishing House
Penulis      : Habiburrahman El Shirazy
Kategori    : Novel Islam
Tebal        : 270 Halaman
Cetakan    : I, Desember 2010
Harga       : Rp. 50.000,-
Novel Dalam Mihrab Cinta (The Romance) merupakan  mahakarya terbaru dari sang novelis nomor satu Indonesia, Habiburrahman El Shirazy. Dan telah diluncurkan di penghujung bulan Desember pada tahun 2010 lalu. Novel ini bahkan telah diangkat ke layar lebar dan sedang diputar di bioskop dengan judul yang sama pula. Dibintangi oleh Dude Harlino, Asmiranda, dan Meyda Sefira. Dengan tebal buku 270 halaman, novel ini menyajikan versi lengkap dari kumpulan ringkasan novel atau novelet dengan judul buku yang sama pula dan telah diterbitkan beberapa tahun yang lalu.
Bercerita tentang perjalanan kehidupan sang tokoh utama, Syamsul Hadi. Seorang anak saudagar batik dari Pekalongan yang hidup berkecukupan. Syamsul tergolong anak pandai dan cerdas, ia siswa terbaik di sekolahnya. Terbukti selama SMA ia dikenal sebagai suhu-nya matematika dan memenangkan Olimpiade Matematika Tingkat SMA se-Jawa Tengah. Bahkan ada dua perguruan tinggi negeri terkemuka di Semarang menawarinya beasiswa setelah ia memenangkan lomba tersebut. Namun, ia justru memilih jalur yang sama sekali tidak pernah dibayangkan oleh seluruh anggota keluarganya, yaitu memilih nyantri di sebuah pondok pesantren.
Ayahnya sangat murka dan kecewa dengan keputusan sang anak. Sejumlah dana sudah disiapkan jika saja ia mau kuliah mengambil jurusan matematika, akuntansi atau ekonomi. Namun Syamsul melihat matematika tidak lagi menjadi tantangan mengasyikkan bagi dirinya. Ia butuh sebuah tantangan baru. Hingga akhirnya ia memilih nyantri di pondok pesantren Al Furqan, Pagu, Kediri ketimbang menuruti kehendak sang ayah agar kuliah selepas SMA.
Di pesantren, prestasi Syamsul terbilang sangat cemerlang, ia bisa melompat kelas berkali-kali guna mengejar ketertinggalannya. Tetapi seperti kata pepatah, jika kehidupan ini ibarat sebuah roda. Kadang di atas dan kadang di bawah. Begitu pula dengan kehidupan Syamsul. Akibat fitnah pencurian dari teman sekamarnya, Burhan, dirinya harus babak belur dihajar seluruh penghuni pondok dan diusir dari pesantren tempatnya menimba ilmu. Ia merasa dizalimi dan tidak terima atas perlakuan tidak adil tersebut. Belum lagi hukuman ta’zir dari pesantren yang ia terima, rambutnya harus rela digunduli dihadapan seluruh penghuni pesantren. Hatinya sangat hancur, apalagi tekanan dan ketidakpercayaan dari pihak keluarganya. Berkali-ia ia mencoba meyakinkan keluarganya, berulang kali pula cibiran dan hinaan ia dapatkan. Hingga akhirnya ia pergi meninggalkan rumah dan keluarganya. Menurutnya apalah arti hidup ini jika keluarga sendiri sudah tidak mempercayainya.
Dengan gayanya yang khas, Kang Abik (panggilan akrab penulis, red) akan membius para pembaca setianya dengan berbagai sisi kehidupan Syamsul. Mulai dari sisi kelamnya hingga sisi kebangkitan hidupnya dari seorang pencopet menjadi seorang guru ngaji, hingga akhirnya menjadi seorang da’i muda ternama. Seperti novel-novel pembangun jiwanya yang lain, dengan sangat lugas dan sederhana penulis mampu memperkenalkan adab pergaulan secara islam kepada para pembaca setianya tanpa kesan menggurui. Ditambah lagi dengan hadirnya dua orang sosok wanita yang hadir di tengah-tengah pelaku utamanya. Zidna Ilma atau Zizi putri dari Kiai Baejuri, pengasuh pesantren Al Furqan, Pagu, Kediri dan Silvie, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas indonesia, putri dari Bapak Heru, pengusaha travel dengan cabang hampir seluruh kota besar di Indonesia.
Siapkan tisu dan saputangan sebelum membaca novel ini. Sebab Dude Harlino, sang aktor utama dalam film layar lebarnya mengatakan, “Bagus, bagus sekali. Air mata saya sampai kering ketika membacanya,” tuturnya. So, lengkapi koleksi bacaan dari karya Habiburrahman El Shirazy. Nonton filmnya dan baca bukunya. Selamat menikmati !

Tidak ada komentar: